Utami, Nabilah Fajar (2023) IMPLEMENTASI CHATBOT WHATSAPP PELAYANAN INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU: STUDI KASUS SEKOLAH KARAKTER. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.
HALAMAN AWAL.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (379kB)
BAB 2.pdf
Download (1MB)
BAB 3.pdf
Download (1MB)
BAB 4.pdf
Download (2MB)
BAB 5.pdf
Download (90kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (310kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Saat ini Sekolah Karakter hanya memberikan informasi mengenai sekolah pada orang tua calon siswa ketika mendatangi sekolah, atau melalui telepon, e-mail, dan chat. Masalahnya, balasan chat yang dikelola oleh bagian administrasi membutuhkan beberapa waktu mulai dari menit hingga berjam-jam dan terkadang tidak konsisten karena admin memiliki pekerjaan lain. Dalam usaha untuk menangani masalah ini, pengembangan chatbot Whatsapp dilakukan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan khususnya mengenai penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada Sekolah Karakter. Penelitian dimulai dengan studi literatur dan lapangan untuk membuat chatbot. Implementasi dilakukan menggunakan Whatsapp API dan Dialogflow. Berdasarkan pengujian fungsionalitas menggunakan Black Box Testing, didapatkan persentase keberhasilan sebesar 100%. Sedangkan pengujian oleh user menggunakan User Acceptance Testing (UAT) mendapatkan hasil 100%. Hasil kuesioner yang diberikan kepada 10 responden terkait kelayakan aplikasi, didapatkan skor 88,93% dengan interpretasi sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi chatbot Whatsapp berhasil dirancang, dan dapat membantu user atau orang tua calon siswa baru untuk mendapatkan informasi mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada Sekolah Karakter.
Kata kunci : Chatbot, Dialogflow, Node.js, Whatsapp
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | Pustakawan STT-NF |
Date Deposited: | 24 May 2023 07:13 |
Last Modified: | 24 May 2023 07:13 |
URI: | https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/228 |