Strategi Pendidikan Soft Skill Berbasis Media Sosial Untuk Mahasiswa

Ramadhani, Silmi Rizqi (2021) Strategi Pendidikan Soft Skill Berbasis Media Sosial Untuk Mahasiswa. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (406kB)

Abstract

Di lingkungan perguruan tinggi, proses pembelajaran yang terjadi terdiri dari dua
cara. Pertama, pembelajaran yang menggunakan hard skill, yakni lebih
menekankan pada pembangunan intelektual yang langsung pada permasalahan.
Kedua, pembelajaran soft skill. Pelajaran yang diberikan saat di perguruan tinggi
lebih condong pada keterampilan teoritik mengakibatkan kebanyakan mahasiswa
mementingkan hard skill dalam belajar, Kurangnya pendidikan soft skill pada
mahasiswa menyebabkan mereka hanya pandai menghafal pelajaran dan sudah
merasa sukses dengan mempunyai keterampilan. Bukan berarti hard skill tidak di
butuhkan oleh mahasiswa, tetapi keduanya harus berjalan bersamaan. Pada
pendidikan soft skill untuk mahasiswa, biasanya diajarkan melalui tatap muka
langsung dengan pengajar di perguruan tinggi. Melihat data hasil survei
WeAreSocial.net dan Hootsuite per Januari 2018 yang menyebutkan bahwa
Indonesia sebagai pengguna aktif Instagram dan Twitter terbesar di dunia,
Penggunaan media sosial Instagram sebagai metode pembelajaran dapat dikatakan
sebagai peluang bahwa media sosial juga dapat digunakan untuk pendidikan soft
skill terutama pendidikan soft skill informal contohnya pembentukan karakter.
Penelitian ini mengevaluasi pendidikan soft skill saat ini dengan menggunakan
rumus skala likert. Lalu dari hasil evaluasi tersebut di dapat sebuah rekomendasi
strategi pendidikan soft skill untuk mahasiswa menggunakan media sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Soft skill, strategi, media sosial, instagram, skala likert
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Pustakawan STT-NF
Date Deposited: 30 Jan 2022 16:18
Last Modified: 31 Jan 2022 01:49
URI: https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item
View Item