Fauzan, Muhamad (2024) PERANCANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAYANAN MASYARAKAT TINGKAT RT MENGGUNAKAN FIGMA. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.
2024-Muhamad Fauzan-Sistem Informasi-Fulltext - Fauzan Muhamad.pdf
Download (8MB)
Abstract
Peningkatan layanan melalui inovasi teknologi merupakan suatu tuntutan agar mencapai pelayanan yang efisien bagi masyarakat. Pelayanan administrasi di kantor RT Kelapa dua, Tugu, Cimanggis, Depok masih dilakukan secara offline dalam hal surat menyurat, seperti pembuatan surat pengantar, sertifikat, dan lainnya sehingga menyulitkan warga setempat untuk mengurus kebutuhan administrasi. Hal tersebut disebabkan kurangnya modernisasi sistem informasi administrasi RT yang belum mengadopsi teknologi terkini, khususnya dalam bentuk aplikasi mobile. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas informasi dan tata kelola administrasi pemerintah dengan terstruktur untuk memenuhi kebutuhan proses pelayanan warga melalui aplikasi mobile dan menghasilkan rancang fitur aplikasi yang dapat digunakan dengan mudah digunakan dan dapat mengajukan permohonan adminitrasi menjadi dokumen elektronik yang berbasis online. Penelitian ini merancang sebuah desain user interface dan user experience aplikasi sistem informasi manajemen pelayanan masyarakat yakni aplikasi GO RT dalam bentuk prototype dengan menggunakan tools figma dengan metode User Centered Design (UCD) untuk memperoleh tampilan user-friendly bagi penggunanya agar lebih optimal. Metode analisis yang digunakan ialah metode kombinasi yaitu metode kuantitatif dalam melakukan user research dan juga kualitatif yang diperoleh pada saat pengujian prototype menggunakan usability testing. Kuesioner pada penelitian ini menjadi alat penguat untuk menggambarkan masalah serta menentukan information architecture dalam proses perancangan user interface aplikasi GO RT. Kuesioner disebarkan kepada perwakilan masyarakat RT 05 RW 10 Kelapa dua, Tugu, Cimanggis, Depok yang berjumlah 25 responden. Hasil menunjukkan bahwa berdasarkan hasil usability testing dan evaluasi dengan menggunakan System Usability Scale (SUS), efikasi dari aplikasi GO RT adalah 82 yang mengartikan tingkat kegunaan yang sangat baik dan aplikasi GO RT memiliki kualitas "excellent". Dengan membuat fitur surat-menyurat. dengan fitur tersebut dapat mengajukan permohonan administrasi menjadi dokumen elektronik yang berbasis online. fitur-fiturtersebut diharapkan administrasi dan distribusi informasi dapat dikelola dengan baik terstruktur dan dapat menunjang kebutuhan masyarakat serta modernisasi teknologi di bidang pelayanan untuk mengatasi kerumitan pada administrasi.
Kata Kunci: Desain, Aplikasi, UI/UX, Figma, Teknologi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Divisions: | Sistem Informasi |
Depositing User: | Pustakawan STT-NF |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 06:35 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 06:35 |
URI: | https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/614 |