Yanti, Afifah Destri (2024) OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING MELALUI INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM DAPUA CIMA KOTA PADANG. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.
2024-Afifah Destri Yanti-Sistem Informasi-fulltext - Afifah destri Yanti.pdf
Download (12MB)
Abstract
Tugas Akhir ini membahas strategi pemasaran produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Dapua Cima di Kota Padang melalui optimalisasi digital marketing yang menggunakan platform Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas strategi pemasaran digital, mengkaji pengaruh digital marketing terhadap UMKM tersebut, serta menganalisis kendala penggunaan digital marketing pada UMKM di Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis konten Instagram. Wawancara dilakukan dengan pemilik Dapua Cima langsung dan 5 orang pengikut Instagram Dapua Cima. Dari hasil wawancara bersama pemiliki Dapua Cima diketahui kendala yang mereka hadapi saat ini yaitu kurangnya pengetahuan terkait penggunaan Instagram bisnis serta cara pengoptimalannya di dalam strategi pemasaran digital. Berdasarkan hasil implementasi dan wawancara dari pelanggan dapua cima, optimalisasi digital marketing melalui Instagram terhadap UMKM Dapua Cima telah berhasil dilakukan dan telah diuji keabsahannya melalui triangulasi metode dan uji validitas menggunakan Nvivo, dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa faktorfaktor yang mempengaruhi efektivitas strategi pemasaran digital pada Instagram Dapua Cima diantaranya yaitu penggunaan strategis konten visual yang menarik, konsistensi dalam interaksi dengan pengikut, dan pengoptimalan penggunaan fiturfitur Instagram seperti Stories dan Reels yang mana akan berpengaruh terhadap peningkatan engagement dan kesadaran merek. Peningkatan ini tidak hanya menguatkan hubungan antara UMKM Dapua Cima dengan pengikutnya, tetapi juga membantu dalam meningkatkan eksposur produk dan layanan yang ditawarkan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik bagi UMKM Dapua Cima dalam memanfaatkan Instagram secara efektif dan dapat menjadi panduan praktis bagi pelaku bisnis lokal dalam memanfaatkan potensi media sosial untuk pertumbuhan UMKM di daerah pedesaan atau kota kecil
.
Kata kunci: Digital marketing, Instagram, UMKM, Pemasaran Produk.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Divisions: | Sistem Informasi |
Depositing User: | Pustakawan STT-NF |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 01:55 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 01:55 |
URI: | https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/577 |