PENGEMBANGAN DAN ANALISIS PENERAPAN INSTAGRAM MARKETING USAHA BAKSO D.HAJATAN DENGAN PENDEKATAN KUALITATIF

Dwiyani, Annisa (2024) PENGEMBANGAN DAN ANALISIS PENERAPAN INSTAGRAM MARKETING USAHA BAKSO D.HAJATAN DENGAN PENDEKATAN KUALITATIF. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

[thumbnail of 2024-Annisa Dwiyani-Sistem Informasi-Fulltext - ANNISA DWIYANI.pdf] Text
2024-Annisa Dwiyani-Sistem Informasi-Fulltext - ANNISA DWIYANI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Era digital saat ini, Instagram telah menjadi platform media sosial yang efektif untuk pemasaran produk dan jasa. Namun, strategi pemasaran yang diterapkan perlu terus dievaluasi dan dioptimalkan agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Toko Gallery Mimma adalah toko busana baju muslim yang mempunyai strategi pemasarannya secara offline dan online melalui media sosial Instagram. Namun, efektifitas strategi pemasaran masih belum optimal. Berdasarkan observasi awal, terdapat beberapa kendala seperti, kurangnya konsistensi dalam postingan, dan kurangnya interaksi dengan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis persepsi pelanggan terhadap konten dan aktivitas pemasaran Instagram Gallery Mimma dan menggunakan rekomendasi pelanggan untuk strategi pemasaran yang lebih baik dan efektif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai Juni 2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara wawancara mendalam dengan 11 responden diantaranya Owner dan 10 pelanggan Toko Gallery Mimma. Hasil penelitian ini strategi awal Gallery Mimma masih belum cukup efektif dan masih kurang informatif dalam memasarkan produk. Setelah adanya perbaikan dari Toko Gallery Mimma dalam hal posting konten produk, Strategi pemasaran Instagram yang diterapkan oleh Toko Gallery Mimma memiliki beberapa keunggulan dan aspek yang perlu ditingkatkan. Evaluasi menunjukkan bahwa penggunaan elemen-elemen seperti konten visual yang menarik dan interaksi aktif dengan pelanggan berhasil meningkatkan kesadaran merek Gallery Mimma. Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah kurangnya konsistensi dalam postingan dan variasi konten yang kurang mampu menarik berbagai segmen audiens. Diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu Gallery Mimma dalam mengoptimalkan strategi pemasaran Instagram mereka untuk meningkatkan kesadaran merek.

Kata kunci: Instagram Marketing, Bakso D.hajatan, Kualitatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Pustakawan STT-NF
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:32
Last Modified: 05 Sep 2024 03:32
URI: https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item
View Item