PENGEMBANGAN PERANAN TEKNOLOGI KECERDASAN BUATAN PERPLEXITY SEBAGAI SISTEM PEMBELAJARAN MELALUI ELENA DALAM LINGKUNGAN PERKULIAHAN STT TERPADUNURUL FIKRI

Fidaus, Dimas Syahrul (2024) PENGEMBANGAN PERANAN TEKNOLOGI KECERDASAN BUATAN PERPLEXITY SEBAGAI SISTEM PEMBELAJARAN MELALUI ELENA DALAM LINGKUNGAN PERKULIAHAN STT TERPADUNURUL FIKRI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

[thumbnail of 2024-Dimas Syahrul Fidaus-Sistem Informasi-Full Text - DIMAS SYAHRUL FIRDAUS.pdf] Text
2024-Dimas Syahrul Fidaus-Sistem Informasi-Full Text - DIMAS SYAHRUL FIRDAUS.pdf

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan pendidikan di Indonesia mengalami signifikan dalam bidang Teknologi secara cepat. Teknologi ini dikenal dengan istilah E-Learning. E-Learning merupakan sistem pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi (IT) berbasis web yang diakses dari jarak jauh. Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri sudah mengembangkan sistem pembelajaran jarak jauh berbasis website bernama Elena (E-Learning) STT Terpadu Nurul Fikri. Dalam Sistem pembelajaran jarak jauh Elena tidak lepas dari permasalahan seperti kesalahan-kesalahan pemahaman terkait materi-materi dalam sistem pembelajaran, sehingga kurangnya materi-materi yang diberikan tidak maksimal oleh dosen. Usaha yang perlu ditingkatkan dari permasalahan tersebut untuk meningkatkan inovasi sistem pembelajaran melalui Elena, dengan menggunakan alat kecerdasan buatan, yaitu melalui Perplexity AI. Perplexity AI sebagai alat kecerdasan buatan yang mengidentifikasi dan mengoreksi kesalahan-kesalahan pemahaman terkait materimateri dalam sistem pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut muncul rumusan mengembangkan peranan Perplexity AI dalam kegiatan sistem pembelajaran dan manfaat yang diharapkan dari peranan Perplexity AI dalam kegiatan sistem pembelajaran. Tujuan dari pengembangan penelitian ini menjelaskan peranan Perplexity AI dalam kegiatan sistem pembelajaran dan mewujudkan manfaat dari peranan Perplexity AI dalam kegiatan sistem pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pendekatan menggunakan Technology Readiness Index (TRI) yaitu Optimism, Innovativeness, Insecurity. Penelitian ini menghasilkan peranan kecerdasan buatan Perplexity AI sebagai sistem pembelajaran melalui ELENA STT Terpadu Nurul Fikri menangani masalah-masalah seperti mencari dan memahami materi kegiatan pembelajaran.

Kata kunci : Kecerdasan Buatan, Perplexity AI, Sistem Pembelajaran, ELENA STT Terpadu Nurul Fikri .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Pustakawan STT-NF
Date Deposited: 18 Sep 2024 04:02
Last Modified: 18 Sep 2024 04:02
URI: https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/691

Actions (login required)

View Item
View Item