Penerapan Strategi Pemasaran Digital pada Usaha Rental KUMIZE ADVENTURE dengan Media Sosial Instagram

RAMADHANI, SHALIAH FUTRI (2024) Penerapan Strategi Pemasaran Digital pada Usaha Rental KUMIZE ADVENTURE dengan Media Sosial Instagram. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

[thumbnail of 2024-Shaliah Futri Ramadhani-Sistem Informasi-Fulltext - Shaliah Putri.pdf] Text
2024-Shaliah Futri Ramadhani-Sistem Informasi-Fulltext - Shaliah Putri.pdf

Download (6MB)

Abstract

Bisnis merupakan aspek tak terpisah dari kehidupan manusia yang melibatkan berbagai kegiatan dengan tujuan mencari keuntungan, penggunaan internet dalam bisnis telah berkembang dari sekedar alat pertukaran informasi elektronik menjadi strategi pemasaran yang luas, termasuk melalui platform media sosial seperti Instagram. KUMIZE ADVENTURE adalah bisnis rintisan yang menyediakan jasa dan penyewaan peralatan pendakian serta perjalanan trip, dengan menggunakan Instagram sebagai sarana utama untuk pemasaran, memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan platform tersebut. Tujuan penelitian ini adalah memahami dan mengevaluasi strategi pemasaran digital KUMIZE ADVENTURE melalui Instagram. Fokusnya adalah penggunaan Instagram sebagai alat pemasaran, dengan observasi dan analisis terhadap akun bisnis. Data dikumpulkan melalui survei dan wawancara dengan pemilik usaha serta kuesioner google formulir kepada 30 responden untuk mengetahui minat dan kepuasan pelanggan terhadap konten Instagram. Penelitian ini termasuk dalam tindakan action research dengan metode kualitatif deskriptif dan pengujian UAT ( user acceptance testing ). Konsisten memposting konten di Instagram membantu mambangun kesadaran merek dan meningkatkan keterlibatan melalui interaksi aktif. Responden menginginkan akun @kumize.adventuredepok lebih aktif dalam membuat konten, terutama postingan feeds dan reels yang menampilkan perjalanan pendakian, edukasi, serta foto barang sewa. Mereka juga menginginkan pembaruan informasi melalui Instagram story dan dapat menyajikan konten yang menarik dan relevan secara konsisten.

(kunci: Strategi pemasaran, media sosial, Instagram, rental outdoors)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Pustakawan STT-NF
Date Deposited: 17 Sep 2024 08:29
Last Modified: 17 Sep 2024 08:29
URI: https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/684

Actions (login required)

View Item
View Item