ANALISIS EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL TERHADAP JUMLAH PASIEN DI SYAMIL DENTAL CARE MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT

Azizah, Ananda Rizqa (2024) ANALISIS EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL TERHADAP JUMLAH PASIEN DI SYAMIL DENTAL CARE MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

[thumbnail of 2024-Ananda Rizqa Azizah-Teknik Informatika-Fulltext - ANANDA RIZQA AZIZAH.pdf] Text
2024-Ananda Rizqa Azizah-Teknik Informatika-Fulltext - ANANDA RIZQA AZIZAH.pdf

Download (6MB)

Abstract

Syamil Dental Care adalah salah satu penyedia layanan kesehatan gigi yang memahami pentingnya memanfaatkan platform digital untuk memperluas jangkauan, serta menarik dan melibatkan calon pasien. Seiring dengan semakin kompetitif nya industri layanan gigi, strategi pemasaran digital menjadi salah satu faktor kunci Syamil Dental Care untuk meningkatkan jumlah pasiennya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat efektivitas strategi pemasaran digital Syamil Dental Care dan merekomendasikan strategi yang efektif untuk meningkatkan jumlah pasien. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluatif untuk mengukur dan mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh Syamil Dental Care dan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis SWOT dalam proses menganalisis data. Hasil analisis dan evaluasi penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas strategi pemasaran digital yang diterapkan di Syamil Dental Care sudah baik. Hasil akhir berdasarkan perhitungan pengujian UAT (User Acceptance Test) adalah 80,08% yang menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital Syamil Dental Care diterima dengan baik oleh responden dan berhasil meningkatkan kesadaran dan peningkatan jumlah pasien. Strategi ini mencakup penggunaan konten media sosial yang informatif, komunikasi WhatsApp Business yang responsif, dan visibilitas tinggi di Google Business. Rekomendasi strategi pemasaran digital yang dapat dilakukan yaitu memanfaatkan kekuatan konten media sosial, memanfaatkan tren media sosial terkini, membuat promo yang unik dan menarik, mengadakan program loyalitas, dan mengukur kepuasan pasien setiap enam bulan sekali. Dengan adanya evaluasi ini, Syamil Dental Care diharapkan dapat melakukan perbaikan yang diperlukan untuk mencapai strategi pemasaran digital yang lebih optimal. Selain itu, Syamil Dental Care juga dapat melakukan riset perbandingan strategi pemasaran digital dengan klinik lain untuk mendapatkan ide-ide inovatif terbaru.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran Digital, Analisis SWOT, Analisis Efektivitas, UAT (User Acceptance Testing).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan STT-NF
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:44
Last Modified: 17 Sep 2024 03:44
URI: https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item
View Item