ANALISIS SWOT DAN STP DALAM PEMASARAN DIGITAL MELALUI INSTAGRAM PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) MADEBYPIPU

Nurfadillah, Ahmad Asep (2024) ANALISIS SWOT DAN STP DALAM PEMASARAN DIGITAL MELALUI INSTAGRAM PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) MADEBYPIPU. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

[thumbnail of 2024-Ahmad Asep Nurfadillah-Sistem Informasi-Fulltext - Ahmad Asep Nurfadillah.pdf] Text
2024-Ahmad Asep Nurfadillah-Sistem Informasi-Fulltext - Ahmad Asep Nurfadillah.pdf

Download (13MB)

Abstract

Pemasaran digital melalui media sosial, khususnya Instagram, menjadi strategi penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Penelitian ini berjudul "Analisis SWOT dan STP Dalam Pemasaran Digital Melalui Instagram Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Madebypipu". Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran digital yang digunakan oleh UMKM Madebypipu melalui platform Instagram dengan menggunakan metode SWOT, STP, dan marketing mix. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh Madebypipu dalam menjalankan usahanya. Hasil penelitian menunjukkan dalam analisis SWOT mengungkapkan kekuatan Madebypipu meliputi produk berkualitas tinggi, estetika menarik, dan layanan pelanggan yang responsif, sedangkan kelemahannya adalah keterbatasan promosi hanya melalui media sosial dan kurangnya variasi strategi pemasaran. Peluang yang dapat dimanfaatkan termasuk tren meningkatnya apresiasi terhadap produk lokal dan potensi kolaborasi dengan influencer, sementara ancaman yang dihadapi meliputi persaingan ketat dari UMKM lain dan produk impor, serta fluktuasi harga bahan baku. Dalam analisis STP, segmentasi pasar Madebypipu menargetkan masyarakat menengah dan generasi muda yang menghargai estetika dalam memberikan hadiah. Target pasarnya terutama perempuan dan acara-acara spesial seperti ulang tahun, pernikahan, wisuda, dan anniversary. Posisi Madebypipu di pasar adalah sebagai penyedia atau penjual bucket bunga premium yang menawarkan kualitas, desain estetis, dan pengalaman berbelanja yang personal. Analisis marketing mix Madebypipu meliputi tujuh faktor utama: (1) Produk: menawarkan berbagai pilihan bucket bunga dengan desain yang dapat disesuaikan; (2) Harga: menggunakan strategi penetapan harga kompetitif dan berbasis nilai; (3) Tempat: penjualan dilakukan secara online melalui Instagram; (4) Promosi: difokuskan melalui media sosial dengan konten visual menarik; (5) Orang: manajemen yang buruk antar owner dalam mengelola dan membagi waktu antara kegiatan perkuliahan mereka, pengelolaan bisnis, serta persaingan pasar dengan kompetitor mereka; (6) Proses: sistem pemesanan yang mudah diakses dan efisien; (7) Bukti fisik: kemasan yang estetis dan elegan yang mencerminkan kualitas produk. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi UMKM dalam mengembangkan strategi pemasaran digital yang efektif melalui media sosial. Berdasarkan temuan ini, beberapa rekomendasi diberikan untuk memperkuat strategi pemasaran Madebypipu dimasa mendatang, termasuk diversifikasi platform digital, peningkatan kualitas layanan, dan inovasi produk.

Kata kunci : Pemasaran Digital, Instagram, Analisis SWOT, STP, Marketing Mix

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Pustakawan STT-NF
Date Deposited: 17 Sep 2024 01:07
Last Modified: 17 Sep 2024 01:07
URI: https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item
View Item