PERANCANGAN DASHBOARD INTERAKTIF SEBAGAI ALAT MONITORING STUNTING DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN

Rahmadhani, Novita (2024) PERANCANGAN DASHBOARD INTERAKTIF SEBAGAI ALAT MONITORING STUNTING DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

[thumbnail of 2024-Novita Rahmadhani-Teknik Informatika-Fulltext - NOVITA RAHMADHANI.pdf] Text
2024-Novita Rahmadhani-Teknik Informatika-Fulltext - NOVITA RAHMADHANI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tugas Akhir/Skripsi ini membahas tentang Stunting yang merupakan gangguan pertumbuhan anak yang terjadi karena gizi kronis dan infeksi berulang. Stunting diindikasikan dengan panjang atau tinggi badan anak yang berada di bawah standar anak pada umumnya. Stunting pada anak akan berdampak pada perkembangan otak, keterlambatan dalam mencapai milestone seperti berbicara, berjalan, dan kemampuan motorik lainnya. Mengingat dampak negatif dari stunting terhadap perkembangan dan pertumbuhan balita di Indonesia, monitoring stunting menjadi sangat penting bagi masyarakat. Dashboard interaktif ini dikembangkan menggunakan metode User Centered Design dan diuji melalui metode Concept Testing. Penelitian ini telah berhasil direalisasikan dengan perancangan dashboard untuk memonitoting stunting di Indonesia dengan metode user centered design. Berdasarkan hasil pengujian Concept Testing, konsep perancangan dashboard ini mendapat nilai kepuasan sebesar 61.1% dari responden. Informasi yang disajikan dalam bentuk visualisasi data pada dashboard juga sudah memenuhi kebutuhan pengguna.

Kata kunci : Stunting, Dashboard, Concept Testing, User Centered Design.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan STT-NF
Date Deposited: 13 Sep 2024 03:38
Last Modified: 13 Sep 2024 06:22
URI: https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item
View Item