Fauzi, Achmad Irvan (2024) PERANCANGAN DESAIN UNTUK GAME LINGO SERPENT: ENGLISH SNAKE BITE QUEST MENGGUNAKAN UNITY. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.
2024-Achmad Irvan Fauzi-Teknik Informatika-Fulltext - ACHMAD IRVAN FAUZI.pdf
Download (7MB)
Abstract
Di era digital saat ini, industri game berkembang pesat, berfungsi tidak hanya sebagai hiburan tetapi juga sebagai alat pembelajaran. Game edukasi telah menjadi salah satu genre yang populer karena menyajikan konten pendidikan dengan cara yang menarik dan interaktif. Game edukasi terbukti efektif dalam menyampaikan pembelajaran secara menarik. Dalam pembelajaran bahasa Inggris, tantangan utamanya adalah mempertahankan minat siswa dan meningkatkan keterampilan mereka dengan cara yang menyenangkan. Penelitian ini berfokus pada perancangan game "Lingo Serpent: English Snake Bite Quest" menggunakan Unity untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris pemain. Unity dipilih karena kemampuannya membuat game 2D dan 3D dengan grafis yang menarik serta mendukung integrasi elemen desain dan animasi. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain game ini efektif dalam menarik minat pemain untuk belajar bahasa Inggris, yang dibuktikan dengan hasil UAT yang menunjukkan penerimaan sangat baik dengan skor keseluruhan 85%. Game ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga efektif dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa.
Kata kunci: game edukasi, Unity, pembelajaran bahasa Inggris, desain game, ADDIE.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | Pustakawan STT-NF |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:11 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:11 |
URI: | https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/627 |