Dewi, Dessy Fitriyani (2024) DESAIN UI/UX WEBSITE PRESENSI GURU DENGAN METODE DESIGN THINKING DI MADRASAH ALIYAH ARRAHMANIYAH DEPOK. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.
2024-Dessy Fitriyani Dewi-Sistem Informasi-Fulltext - Dessy Fitri Yani Dewi.pdf
Download (18MB)
Abstract
Perkembangan teknologi yang diterapkan dalam lingkup pendidikan membantu mempercepat proses administrasi, salah satunya teknologi presensi guru. Namun perkembangan teknologi ini, nampaknya masih belum bisa diterapkan disemua lini pendidikan, salah satunya di Madrasah Aliyah Arrahmaniyah Depok, yang masih menggunakan sistem manual dalam proses presensi dan rekapitulasi guru. Hal tersebut dibutuhkan sebuah digitalisasi dalam proses presensi guru. Tujuan penelitian ini untuk merancang desain UI/UX website presensi guru dengan menggunakan metode design thinking yang terdiri dari lima tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype dan test. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D), pengumpulan data berbentuk kuesioner System Usability Scale (SUS) dan pengujian untuk interaksi desain dan pengguna dengan usability testing serta pengujian untuk melihat kepuasan pengguna menggunakan system usability scale. Perancangan ini menghasilkan sebuah desain UI/UX website presensi guru dengan hasil pengujian skor nilai rata-rata system usability scale 74,7 yang menunjukan interpretasi acceptable, grade scale C dan adjective ratings Good. Sehingga design rancangan cukup baik dan diterima baik oleh pengguna. Maka dari itu, pengembangan lebih lanjut dari desain UI/UX website presensi guru menjadi sebuah sistem website presensi dapat dilakukan pada penelitian selanjutnya.
Kata kunci : Presensi, Guru, Design Thinking, System Usability Scale
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Divisions: | Sistem Informasi |
Depositing User: | Pustakawan STT-NF |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 03:00 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 03:00 |
URI: | https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/583 |