PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI PEMILIHAN RAYA DI STMIK IKMI CIREBON MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Rizki, Muhammad (2024) PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI PEMILIHAN RAYA DI STMIK IKMI CIREBON MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

[thumbnail of 2024-Muhammad Rizqi-Teknik Informatika-Fulltext - Muhammad Rizqi.pdf] Text
2024-Muhammad Rizqi-Teknik Informatika-Fulltext - Muhammad Rizqi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pemodelan UI/UX adalah elemen yang sangat penting dalam pembuatan website untuk Pemilihan Raya Mahasiswa IKMI. Evaluasi aplikasi ini bergantung pada kualitas pemodelan UI/UX yang diterapkan karena hal ini mempengaruhi langsung pengalaman pengguna. Metode yang digunakan adalah design thinking, yang berfokus pada pemahaman mendalam terhadap kebutuhan dan harapan pengguna. Metode ini berfokus pada kebutuhan dan harapan pengguna dalam proses pembuatan tampilan produk, adapun 5 tahapan yang harus diterapkan dalam metode ini yaitu, Empathize, Define, Ideate, Protoype, Test. Untuk mendapatkan hasil desain UI/UX yang baik diperlukan suatu pengujian. Usability Testing merupakan metode yang digunakan untuk menguji fungsionalitas produk, baik aplikasi maupun website, tujuannya yaitu untuk mengetahui apakah voter dapat dengan mudah menggunakan aplikasi tersebut. Hasil pengujian dengan metode Usability Testing pada desain UI/UX website pemilihan IKMI menunjukkan bahwa 80% dari desain dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan pengguna.

Kata kunci : UI/UX, Metode Design Thinking, pemira IKMI,Usability Testing

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan STT-NF
Date Deposited: 09 Sep 2024 08:14
Last Modified: 09 Sep 2024 08:14
URI: https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/574

Actions (login required)

View Item
View Item