PENGEMBANGAN BACKEND PADA APLIKASI KESENIAN REMEDIAL BERBASIS WEBSITE UNTUK SISWA MENGGUNAKAN NODE JS

Fahmi, Ahmad Noval (2024) PENGEMBANGAN BACKEND PADA APLIKASI KESENIAN REMEDIAL BERBASIS WEBSITE UNTUK SISWA MENGGUNAKAN NODE JS. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

[thumbnail of 2024-Ahmad Noval Fahmi-Teknik Informatika-Fulltext- noval ahmad.pdf] Text
2024-Ahmad Noval Fahmi-Teknik Informatika-Fulltext- noval ahmad.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kemajuan teknologi telah mengubah pendidikan melalui pembelajaran online, namun konten seni dalam platform ini masih terbatas. Penelitian ini bertujuan mengembangkan website pembelajaran seni berbasis web dengan fokus pada pengembangan backend menggunakan Node JS. Metode Extreme Programming (XP) diterapkan, meliputi analisis kebutuhan, desain sistem, pengkodean, pengujian, dan evaluasi. Hasil dari user acceptance testing (UAT) menunjukkan kepuasan pengguna rata-rata 77.7%, sementara pengujian black-box menunjukkan hasil yang memuaskan dengan beberapa perbaikan yang diperlukan pada bagian database dengan hasil pengujian 94% sesuai dan 6% yang masih belum sesuai. Pendekatan XP terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran seni, meskipun pengembangan berkelanjutan masih diperlukan untuk memastikan performa dan pengalaman pengguna yang optimal. Platform ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pengguna melalui peningkatan fungsionalitas dan penyesuaian fitur berdasarkan umpan balik, sehingga memberikan manfaat maksimal dalam pembelajaran seni online.

Kata kunci : Extreme Programming (XP), Node JS, Pembelajaran Seni Online, User Acceptance Testing (UAT).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan STT-NF
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:27
Last Modified: 06 Sep 2024 07:27
URI: https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item
View Item