RAHMAN, ZHAFIRA AGHNIYA (2024) PERANCANGAN DESAIN ANTARMUKA APLIKASI WASTE MANAGEMENT BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.
2024-Zhafira Aghniya Rahman-Teknik Informatika-Fulltext - Zhafira Aghniya Rahman.pdf
Download (22MB)
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi masa kini, diharapkan teknologi dapat membantu mengurangi dampak dari kelalaian masyarakat terhadap sampah. Penelitian ini fokus pada proses perancangan antarmuka aplikasi waste management berbasis mobile menggunakan metode design thinking. Pada tahap empathize, dilakukan wawancara dan survei terhadap 41 responden untuk mengumpulkan data kebutuhan dan tantangan pengguna dalam pengelolaan sampah. Hasil data menunjukkan bahwa pengguna membutuhkan aplikasi yang mudah digunakan, dapat memberikan informasi tentang cara mendaur ulang, dan memiliki fitur untuk mengelola sampah mereka secara efisien. Selain itu, pengguna juga membutuhkan fitur tambahan seperti edukasi, hadiah, dan komunitas sosial untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi mereka dalam mengelola sampah. Pada tahap ideate, berbagai ide solusi dihasilkan dan kemudian dikembangkan menjadi beberapa konsep desain. Tahap prototype melibatkan pembuatan high-fidelity prototype dari aplikasi yang dinamai "Bumi Bersih". Metode analisis data dalam penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif. Proses evaluasi mengintegrasikan penggunaan usability testing yang dirancang khusus untuk menilai tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan antarmuka aplikasi tersebut. Pengujian kebergunaan menggunakan tools Maze menunjukkan skor 86 pada beberapa fitur seperti login, tukar poin, misi individu, dan fitur edukasi berita dan artikel. Penilaian System Usability Scale (SUS) menunjukkan skor rata-rata 85, yang menunjukkan bahwa prototype memiliki tingkat usability yang baik dengan kategori "Acceptable" dan "Excellent". Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode design thinking efektif dalam merancang antarmuka aplikasi waste management yang intuitif dan memenuhi kebutuhan pengguna, serta dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah.
Kata kunci: Usability Testing, Waste Management, Design Thinking, User Interface
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | Pustakawan STT-NF |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 07:37 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 07:37 |
URI: | https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/551 |