Azzahra, Fatimatul (2024) ANALISIS INSTAGRAM MARKETING PADA TOKO ONLINE “SOURVERSION” DENGAN PENDEKATAN KUALITATIF. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.
2024-Fatimatul Azzahra-Sistem Informasi-Fulltext - FATIMATUL AZZAHRA.pdf
Download (9MB)
Abstract
Perkembangan era digital semakin pesat membuat para pengusaha besar maupun kecil mampu mengubah strategi pemasaran tradisional menjadi pemasaran digital dengan memanfaatkan platform-platform untuk mempromosikan produknya. Oleh karena itu, berbagai pihak perlu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Hal ini membuat Toko Online “Sourversion” melakukan pemasaran digital melalui Instagram. Penelitian ini membahas tentang Strategi Digital Marketing dan pengaruhnya pada Toko Online “Sourversion” yang bertujuan untuk mengetahui penilaian dan pengaruh strategi pemasaran Instagram sebagai media pemasaran dalam meningkatkan kesadaran merek pada akun @sourversion_souvenir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksplanatif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Penelitian ini dilakukan melalui pengujian kredibilitas dengan menggunakan metode Triangulasi Waktu untuk memastikan keakuratan data dengan mengumpulkan data pada waktu yang berbeda. Kemudian teori-teori yang digunakan adalah Pemasaran Digital, Strategi Pemasaran Digital, Instagram Marketing, Kesadaran Merek (Brand Awareness), Penelitian Kualitatif, Metode Kerangka STP, Analisis SWOT dan Copywriting. Selanjutnya membuat konten yang dibutuhkan berdasarkan pengolahan data wawancara yang telah dilakukan oleh lima narasumber. Berdasarkan hasil wawancara tersebut, beberapa narasumber menyarankan untuk memperbanyak jenis konten video, waktu untuk mem-posting konten, dan sebagainya. Hasil implementasi penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Digital Marketing melalui Instagram cocok untuk digunakan dan mempengaruhi dari strategi pemasaran Instagram yang dilakukan agar dapat membantu Toko Online "Sourversion" menjangkau banyak audiens.
Kata kunci : Strategi Pemasaran Instagram, Kesadaran Merek (Brand Awareness), Penelitian Kualitatif, Metode Kerangka STP dan Analisis SWOT.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Divisions: | Sistem Informasi |
Depositing User: | Pustakawan STT-NF |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 04:15 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 04:15 |
URI: | https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/546 |