Ismail, Satria Wahyu (2024) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI GAME 2D PIXEL ART ‘BAMBU SENTINEL : PERLAWANAN NUSANTARA’ DENGAN MENGGUNAKAN PLATFORM UNITY. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.
2024-Satria Wahyu Ismail-Teknik Informatika-Fulltext - SATRIA WAHYU ISMAIL.pdf
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan sejarah dan nilai-nilai kebangsaan kepada generasi muda Indonesia melalui media interaktif. "Bambu Sentinel: Perlawanan Nusantara" adalah game platformer 2D dengan visual pixel art yang memberikan pengalaman interaktif memahami perjuangan melawan penjajahan di Nusantara. Metode penelitian menggunakan Game Development Life Cycle (GDLC) yang meliputi tahap initiation, pre-production, production, alpha testing, beta testing, dan release. Data dikumpulkan secara kuantitatif melalui kuesioner untuk menilai kepuasan pengguna terhadap game ini. Hasil evaluasi menunjukkan nilai rata-rata SUS sebesar 71,25, mengindikasikan mayoritas responden memberikan penilaian positif terhadap usability game ini. Berdasarkan skala SUS, nilai ini termasuk dalam kategori "Baik" (Good). Namun, nilai ini juga menunjukkan bahwa masih ada ruang untuk perbaikan guna meningkatkan kepuasan pengguna lebih lanjut, menandakan bahwa beberapa aspek usability game perlu ditingkatkan.
Kata kunci : Game edukatif, sejarah, nilai-nilai kebangsaan, Bambu Sentinel, GameDevelopment Life Cycle (GDLC), usability, pixel art, Indonesia, generasi muda.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | Pustakawan STT-NF |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 01:52 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 01:52 |
URI: | https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/541 |