HAFIZ, ABDULLAH (2024) PERANCANGAN PROTOTYPE APLIKASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN MENGGUNAKAN METODE DOUBLE DIAMOND UNTUK ANAK-ANAK USIA 5-12 TAHUN. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.
2024-Abdullah Hafiz-Teknik Informatika-Fulltext - ABDULLAH HAFIZ.pdf
Download (10MB)
Abstract
Sebagai umat beragama Islam mempelajari Al-Quran adalah sebuah kewajiban. Belajar membaca Al-Quran harus mulai diterapkan pada usia dini. Pada masa kini anak-anak usia 5-12 tahun sedikit sekali yang dapat membaca Al-Quran, bahkan belajar membaca Al-Quran pun tidak pernah. Minat anak-anak dalam mempelajari membaca Al-Quran sangat rendah, karena tidak ada motivasi didalam dirinya, lingkungan yang kurang baik dan sikap orang tua yang tidak membimbing anak-anak untuk memulai membaca Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi prototype pembelajaran membaca Al-Quran yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Penelitian ini menggunakan metode Double Diamond dengan 4 tahapan yaitu, Discover, Define, Develop dan Deliver. Menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) untuk menguji kefektifan prototype aplikasi pembelajaran membaca Al-Quran. Hasil dari pengujian tersebut adalah prototype aplikasi pembelajaran membaca Al-Quran mendapatkan respon positif dari pengguna, terutama anak-anak usia 5-12 tahun. Hal ini didukung oleh hasil benchmark yang menunjukkan bahwa keenam dimensi dari pengujian UEQ menunjukkan nilai di atas rata-rata dengan uraian sebagai berikut: daya tarik 2.28, kejelasan 1.60, efisiensi 2.27, ketetapan 2.19, stimulasi 2.31 dan kebaruan 2.63.
Kata kunci : Pembelajaran Menbaca Al-Quran, Prototype, Double Diamond, User Experience Questionnaire
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | Pustakawan STT-NF |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 02:30 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 02:30 |
URI: | https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/517 |