Putra, Rangga Adi (2024) PERANCANGAN APLIKASI LAYANAN PENGADUAN CUSTOMER BERBASIS WEB MENGGUNAKAN REACT JS : STUDI KASUS PADA PT INOVATI F 78. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.
2024-Rangga Adi Putra-Teknik Informatika-Fulltext - Rangga Adi Putra.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini membahas perancangan aplikasi layanan pengaduan pelanggan berbasis web dengan menggunakan React JS, yang diterapkan pada PT Inovatif 78. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem yang efisien dan user-friendly untuk menangani pengaduan pelanggan secara online. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini mencakup analisis kebutuhan, desain antarmuka, implementasi, dan pengujian sistem. React JS dipilih sebagai teknologi utama untuk frontend karena kemampuannya dalam membangun antarmuka yang responsif dan interaktif. Studi kasus di PT Inovatif 78 menunjukkan bahwa aplikasi ini berhasil meningkatkan efektivitas pengelolaan pengaduan, mempermudah pelanggan dalam menyampaikan keluhan, dan mempercepat proses penyelesaian masalah. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kepuasan pelanggan dan efisiensi operasional perusahaan. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi model untuk pengembangan sistem pengaduan pelanggan berbasis web di perusahaan lain.
Kata kunci : Aplikasi pengaduan, Blackbox testing, Firebase, Layanan pengaduan, React JS.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | Pustakawan STT-NF |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 01:51 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 01:51 |
URI: | https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/511 |