Widaad, Imam Muniif (2024) Pengembangan Penggunaan Storyline pada Video Pembelajaran Interaktif Anak Usia Dini. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.
2024-Imam Muniif Widaad-Sistem Informasi-Fulltext.pdf
Download (90MB)
Abstract
Storyline pada Video Pembelajaran jarang diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini, karena selama ini pembelajaran lebih fokus memberikan informasi. Menstimulus siswa dengan menggunakan video pembelajaran yang interaktif, menarik dan efektif akan membantu anak berpikir kritis, logis dan praktis dalam menghadapi permasalahan dan fenomena yang terjadi di lingkungannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan penggunaan Storyline pada video pembelajaran anak usia dini. Fokus penelitian ini bagaimana implementasi penggunaan storyline pada video pembelajaran, evaluasi penggunaan storyline untuk melihat video dengan storyline interaktif, menarik dan efektif. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Video pembelajaran dengan storyline menjadi interaktif dapat dilihat dari interaksi dengan video, menjawab pertanyaan, mengikuti instruksi dan kalimat yang disampaikan di video mudah dipahami, video pembelajaran menarik karena dapat memotivasi anak untuk belajar lebih lanjut, durasinya tidak terlalu panjang, bahasanya mudah, gambar animasinya menarik. Video pembelajaran dengan storyline ini dikatakan juga efektif karena materi yang disampaikan mudah dipahami, dapat memberikan informasi yang relevan, bermanfaat bagi perkembangan anak, alur yang diceritakan mudah dipahami dan anak anak dapat menangkap pesan yang disampaikan.
Kata kunci : Storyline, Video Pembelajaran, Interaktif, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Divisions: | Sistem Informasi |
Depositing User: | Pustakawan STT-NF |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:17 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:17 |
URI: | https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/496 |