ANALISIS EFEKTIVITAS METODE BELAJAR PADA MATA KULIAH DESAIN INOVASI PRODUK DIGITAL

Safira, Susan (2024) ANALISIS EFEKTIVITAS METODE BELAJAR PADA MATA KULIAH DESAIN INOVASI PRODUK DIGITAL. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

[thumbnail of 2024-Susan Safira-Sistem Informasi-Fulltext - SUSAN SAFIRA.pdf] Text
2024-Susan Safira-Sistem Informasi-Fulltext - SUSAN SAFIRA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) merupakan fondasi dari keberlangsungan mata kuliah yang dijalankan dalam satu semester. Rencana pembelajaran tersebut disusun berdasarkan Kerangkan Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) agar menghasilkan sumber daya manusia yang dapat berkontribusi nyata di dunia profesional, selain itu juga mempertimbangkan dari nilai-nilai perguruan tinggi sebagai gambaran visi dan misi yang ingin dicapai pada lulusan tersebut, dan pertimbangan dari mahasiswa yang akan menjalankan perkuliahan tersebut dengan rencana pembelajaran yang menjadi acuannya. Penelitian ini dimaksudkan untuk merencanakan pembelajaran pada mata kuliah Desain Inovasi Produk Digital dengan merumuskan Sub-CPMK, metode pembelajaran, topik pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan tools pembelajaran. Tujuan penelitian menganalisis efektivitas metode belajar pada mata kuliah tersebut adalah untuk merencanakan panduan belajar yang dapat dijadikan acuan oleh mahasiswa tersebut dalam menjalankan perkuliahan selama satu semester.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui kajian literatur dari referensi yang ada di internet, buku, dan juga rancangan pembelajaran dari perguruan tinggi lain sebagai referensinya. Prosedur pengumpulan data yang digunakan melalui hasil wawancara kepada dosen terkait pada program studi Bisnis Digital sebagai gambaran keberlangsungan pembelajaran yang sudah dilakukan, sehingga penulis dapat mengetahui kondisi belajar mengajar yang selama ini sudah dilakukan. Dari hasil wawancara yang sudah dilakukan, mahasiswa program studi Bisnis Digital masih harus menyesuaikan rencana pembelajaran yang telah dilakukan, karena program studi ini merupakan program studi baru di Sekolah Tinggi teknologi Terpadu Nurul Fikri, sehingga banyak perbaikan dan penyempurnaan dalam perencanaan pembelajaran guna memenuhi kebutuhan dari mahasiswa tersebut. Topik-topik pembelajaran yang dirumuskan pun menyesuaikan dengan proses belajar yang sudah mereka lakukan di semester sebelumnya, sehingga pembelajaran pada mata kuliah di semester tersebut dapat secara maksimal dilakukan untuk pengembangan diri mahasiswa dalam menjalankan bisnisnya. Rencana pembelajaran ini kemudian di implementasikan ke dalam E-learning STT-NF yaitu Elena sebagai platform untuk informasi terpusat bagi mahasiswa agar dapat mengetahui detail rancangan pembelajaran yang akan dilakukan oleh mereka selama satu semester. Adanya penyesuaian yang lebih rinci terkait perencanaan pembelajaran ini dan juga platform yang digunakan melalui Elena, diharapkan dapat menjadi solusi bagi mahasiswa untuk benar-benar memahami roadmap perkuliahan mereka dan output yang akan mereka dapatkan dari proses belajar yang akan dilakukan ke depannya. Penelitian ini berhasil merancang beberapa komponen yang terdapat pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan empat metode belajar yang relevan untuk di implementasikan padaproses perkuliahan. Dengan begitu, maka proses pembelajaran dapat dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dan dapat menciptakan kesinambungan yang baik dalam proses belajar mengajar.
Kata kunci : Rencana Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Topik pembelajaran, Capaian Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Pustakawan STT-NF
Date Deposited: 20 May 2024 07:06
Last Modified: 20 May 2024 07:06
URI: https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item
View Item