PERANCANGAN MASKOT RETALI MITRA DEPOK ABU AFFAN DENGAN METODE DESIGN THINKING

Hanif, Muhammad (2024) PERANCANGAN MASKOT RETALI MITRA DEPOK ABU AFFAN DENGAN METODE DESIGN THINKING. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

[thumbnail of 2024_Muhammad Hanif_Sistem Informasi 0110119056_ Dok TA - Muhammad Hanif.pdf] Text
2024_Muhammad Hanif_Sistem Informasi 0110119056_ Dok TA - Muhammad Hanif.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kondisi bisnis dibawah kepemimpinan Bapak Edy Yulianto sebagai sales team leader dari Retali Mitra Depok Abu Affan, yaitu seorang mitra perorangan yang membantu penjualan tiket Umroh di bawah naungan PT. Retali Mustajab Travel Cabang Cileungsi. Kesadaran akan rendahnya tingkat pengenalan secara online, terutama di platform Instagram, muncul karena kurangnya identitas visual yang mudah dikenali dan berbeda dari pesaing di PT. Retali Mustajab Travel. Dampaknya sangat negatif terhadap brand recognition Retali Mitra Depok Abu Affan secara online, yang pada ujungnya menyebabkan penurunan minat pembeli. Permasalahan ini diidentifikasi melalui wawancara dengan sales team leader Retali Mitra Depok Abu Affan dan penyebaran kuesioner dalam mini riset pasar. Sebanyak 24 responden dipilih dengan kriteria termasuk generasi wanita dari kelompok milenial dan gen X, yang berdomisili Depok, di grup WhatsApp pengajian ibu-ibu yang aktif. Metode penelitian yang digunakan adalah metodologi Deskriptif. Hasil penelitian ini menghasilkan solusi berupa perancangan maskot yang menggabungkan dua metode perancangan, yaitu Design Thinking 101 dan metode perancangan maskot 5M. Dalam merancang identitas visual maskot dengan pendekatan design thinking, enam tahap perlu dilalui. Pertama, tahap Empathize melibatkan pengumpulan data dan brief perancangan. Kemudian, Define melibatkan definisi masalah dan identifikasi persona target market. Selanjutnya, Ideation mendorong pembentukan ide perancangan. Tahap Prototype melibatkan pembuatan low fidelity prototype, pemilihan, dan penilaian kandidat maskot dengan melibatkan responden, serta melakukan follow-up ke pemesan dan pengembangan ke high fidelity prototype. Tahap Test melibatkan evaluasi high fidelity prototype dan
follow-up ke pemesan. Sementara itu, tahap Implementation fokus pada implementasi maskot di berbagai media. Hasil akhirnya berupa produk digital dalam bentuk identitas visual berupa maskot dua dimensi. Produk ini telah teruji efektif dalam kategori tinggi, sudah disetujui oleh sales team leader Retali Mitra Depok Abu Affan, dan siap diimplementasikan sebagai percobaan maskot, yang akan digunakan sebagai logo dalam berbagai media promosi seperti foto profil, brosur, video reels, dan foto perjalanan jamaah umroh di akun Instagram @retali_travelumroh_mitra_depok. Diharapkan bahwa langkah ini dapat membantu meningkatkan brand awareness(brand recognition) Retali Mitra Depok Abu Affan di media sosial, terutama di Instagram di masa depan.

Kata kunci : Bisnis Retali Mitra Depok Abu Affan, Identitas Visual Pengenalan Merek, Maskot.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Pustakawan STT-NF
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:33
Last Modified: 30 Apr 2024 03:33
URI: https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item
View Item