Perancangan Aplikasi Ensiklopedia Hewan Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Figma Dengan Metode User Centered Design

Fikri, Muhammad Azzam (2023) Perancangan Aplikasi Ensiklopedia Hewan Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Figma Dengan Metode User Centered Design. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

[thumbnail of 2023-Muhammad Azzam Fikri-Sistem Informasi-Fulltext - Hehe Hehe.pdf] Text
2023-Muhammad Azzam Fikri-Sistem Informasi-Fulltext - Hehe Hehe.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Masa usia dini merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan. Periode ini adalah tahun-tahun berharga bagi seorang anak untuk mengenali berbagai macam fakta di lingkungannya sebagai stimulans terhadap perkembangan kepribadian, psikomotor, kognitif maupun sosialnya. Berdasarkan hasil penelitian, sekitar 50% kapabilitas kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika anak berumur 4 tahun, 80% telah terjadi ketika berumur 8 tahun, dan mencapai titik kulminasi ketika anak berumur sekitar 18 tahun.. Saat anak berada di usia yang masih muda memungkinkan untuk sang anak mengasah otak dan mempunyai potensi untuk terus berkembang ke arah yang lebih baik. Seiring berkembangnya teknologi saat ini seharusnya bisa dimanfaatkan dengan tepat karena dengan memanfaatkan teknologi bisa membantu dan memudahkan dalam berbagai hal terutama dalam hal belajar. Belajar tentang teori pun akan membuat cepat bosan mereka. Pada masa anak-anak daya tangkap sangat tinggi, yang dimana mampu mengingat 20% dari yang dilihat dan 30% dari yang didengar. Dan orang mengingat 50% dari yang dilihat dan didengar serta 80% dari yang dilihat, didengar dan dilakukan. Mendengar hal tersebut, guru maupun orang tua murid harus melakukan introspeksi agar menarik minat pembelajaran sang anak. Oleh karena itu, penelitian ini membuat rancangan prototype aplikasi ensiklopedia dengan harapan akan mempermudah dan membuat anak lebih antusias. Ensiklopedia hewan ini di pilih oleh peneliti karena pada dasarnya anak-anak suka sekali melihat hewan-hewan yang belum pernah mereka liat secara langsung. Dengan adanya rancangan aplikasi ini akan menjauhkan anak-anak dari bahaya internet dan dapat menambah wawasan bagi penggunanya Rancangan ini menggunakan metode user centered design untuk berfokus kepada kebutuhan user supaya dapat mengoptimalkan rancangan yang dibangun. Data diperoleh melalui kuesioner dengan google form berguna untuk mendapatkan informasi tentang kebutuhan yang diperlukan untuk membangun rancangan aplikasi. Hasil dari penelitian ini adalah prototype aplikasi ensiklopedia hewan untuk menunjang pembelajaran anak untuk menarik minat anak dalam hal belajar.
Kata kunci:Ensiklopedia, User centered design, protoype

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Pustakawan STT-NF
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:08
Last Modified: 31 Aug 2023 02:20
URI: https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/363

Actions (login required)

View Item
View Item