Perancangan User Interface Aplikasi Website Peminjaman Ruangan di Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri dengan Pendekatan User Centered Design

Al-fida, Muhammad Ibnu (2023) Perancangan User Interface Aplikasi Website Peminjaman Ruangan di Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri dengan Pendekatan User Centered Design. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

[thumbnail of 2023-Muhammad Ibnu Alfida-Sistem Informasi-Fulltex - Muhammad Ibnu Al-fida.pdf] Text
2023-Muhammad Ibnu Alfida-Sistem Informasi-Fulltex - Muhammad Ibnu Al-fida.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keluhan dalam proses meminjam ruangan
yang banyak disampaikan oleh mahasiswa selaku pengguna ruangan dan juga
kemahasiswaan yang membantu proses peminjaman ruangan. Selama ini proses
peminjaman ruangan dinilai rumit dan kurang fleksibel baik waktu maupun tempat peminjaman. Tak hanya itu, banyaknya stakeholder yang terlibat diantaranya BSP(Biro Sarana Prasarana), BAAK(Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan), Kemahasiswaan, dan Satpam sering menyebabkan miskomunikasi dan membuat proses peminjaman lebih lama. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan pengguna serta membuat rancangan desain user interface aplikasi web peminjaman ruangan yang dapat memudahkan proses peminjaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner, wawancara, serta melakukan usability testing. Responden dalam penelitian ini sebanyak 80 orang yang memenuhi satu dari tiga kriteria; mahasiswa angkatan 2018-2021, pernah meminjam ruangan, pernah atau sedang berorganisasi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan user centered design, dimana semua prosesnya user dilibatkan. Hasil pengujian dari implementasi prototype user interface aplikasi web peminjaman ruangan di Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri didapatkan skor rata-rata SUS (System Usability Scale) sebesar 89. Skor ini masuk dalam kategori best imaginable, dan dapat diartikan bahwa aplikasi ini mudah untuk digunakan (berdasarkan flow dan experience-nya), mudah untuk diingat (desain interface-nya), dan juga mudah diterima (acceptable).

Kata kunci : User Interface, Prototype, User Centered Design, Usability Testing, System Usability Scale(SUS), Wireframe, Persona Spectrum, Peminjaman Ruangan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Pustakawan STT-NF
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:46
Last Modified: 17 Jul 2023 04:10
URI: https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item
View Item