Pemodelan UI/UX Aplikasi Melatih Menggunakan Metode Design Thinking

Khoirunnisa, Khoirunnisa (2023) Pemodelan UI/UX Aplikasi Melatih Menggunakan Metode Design Thinking. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

[thumbnail of 2019-Khoirunnisa-Teknik Informatika-Fulltext - Khoirunnisa.pdf] Text
2019-Khoirunnisa-Teknik Informatika-Fulltext - Khoirunnisa.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pemodelan UI/UX adalah salah satu komponen penting dalam pembuatan aplikasi edutech (edukasi). Untuk mempengaruhi tingkat kepuasan dan penerimaan pengguna aplikasi. Penilaian dari pengguna terhadap aplikasi yang digunakan berdasarkan kualitas pemodelan UI/UX yang dibuat oleh desainer. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode design thinking untuk memodelkan UI/UX aplikasi edutech yang bernama Melatih. Metode ini berfokus pada kebutuhan dan harapan pengguna dalam proses pembuatan tampilan produk, adapun 5 tahapan yang harus diterapkan dalam metode ini yaitu, Empathize, Define, Ideate, Protoype, Test. Untuk mendapatkan hasil desain UI/UX yang baik diperlukan suatu pengujian. Usability Testing merupakan metode yang digunakan untuk menguji fungsionalitas produk, baik aplikasi maupun website, tujuannya yaitu untuk mengetahui apakah user dapat dengan mudah menggunakan aplikasi tersebut. Dari hasil pengujian menggunakan metode Usability Testing dari aplikasi yang didesain didapat hasil bahwa 85% desain tampilan UI/UX aplikasi Melatih dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan pengguna.
Kata kunci : Pemodelan UI/UX, Aplikasi EduTech, Metode Design Thinking, Usability Testing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan STT-NF
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:38
Last Modified: 14 Jun 2023 02:38
URI: https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item
View Item