Analisis Sentimen Media Sosial untuk Respon Pengguna Terhadap Produk RATA Clear Aligner

Alhabsyi, Fathiah (2023) Analisis Sentimen Media Sosial untuk Respon Pengguna Terhadap Produk RATA Clear Aligner. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

[thumbnail of 2024-Fathiah Alhabsyi-Teknik Informatika-Fulltext - Fathiah Alhabsyi.pdf] Text
2024-Fathiah Alhabsyi-Teknik Informatika-Fulltext - Fathiah Alhabsyi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

RATA (Rupa Aestetika Teknologi Aktual) adalah merek produk perawatan gigi, dikenal karena RATA Clear Aligner yang menggunakan behel transparan untuk merapikan gigi tanpa menggunakan behel kawat konvensional. Clear Aligner telah mendapatkan perhatian signifikan dalam industri perawatan gigi dan menjadi pilihan populer bagi individu yang mencari solusi perbaikan gigi yang estetis, nyaman, dan efisien. Twitter sebagai salah satu platform bagi pengguna untuk berinteraksi dan memberikan ulasan tentang produk, yang membantu perusahaan meningkatkan citra produknya. Analisis sentimen digunakan untuk menganalisis perasaan dan pendapat pelanggan tentang produk atau layanan. Support Vector Machine (SVM) dan alat Tweet-Harvest digunakan untuk melakukan crawling data. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan terhadap pemahaman tentang perspektif serta pendapat masyarakat tentang produk RATA Clear Aligner, sisi lain yang dapat membantu perusahaan memperbaiki produknya. Data yang diperoleh dari analisis sentimen juga dapat membantu calon pengguna mau pun pengguna aktif produk untuk melihat opini orang lain tentang produk tersebut. Untuk mendapatkan hasil analisis sentimen maka dilakukan pada tahap pertama yaitu crawling data, dilanjutkan dengan preprocessing data dan nilai akurasi yang didapatkan yaitu 80% dari hasil pengujian data dengan sentimen positif 89 dan sentimen negatif 11, sedangkan sentimen netral lebih condong tinggi yaitu 171 dengan 271 data pengujian. Hasil penelitian ini menunjukkan dimana sentimen netral yang didapatkan lebih tinggi sehingga bisa dikatakan produk clear aligner dari RATA di mata orang lain bisa baik atau pun tidak baik.

Kata kunci:
Analisis Sentimen, RATA Clear Aligner, Support Vector Machine, Tweet Harvest

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan STT-NF
Date Deposited: 26 Mar 2024 04:44
Last Modified: 26 Mar 2024 04:44
URI: https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item
View Item