IMPLEMENTASI STANDAR ISO 9001:2015 DALAM MENINGKATKAN LAYANAN SITUS WEB BMKG.GO.ID UNTUK MENDUKUNG DISEMINASI INFORMASI BENCANA GEMPABUMI

Hastanto, Andriana Dwi (2023) IMPLEMENTASI STANDAR ISO 9001:2015 DALAM MENINGKATKAN LAYANAN SITUS WEB BMKG.GO.ID UNTUK MENDUKUNG DISEMINASI INFORMASI BENCANA GEMPABUMI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

[thumbnail of 2022- Andriana Dwi Hastanto-fulltext.pdf] Text
2022- Andriana Dwi Hastanto-fulltext.pdf

Download (12MB)

Abstract

ISO 9001:2015 merupakan sebuah standar atau pedoman bertaraf internasional di bidang Sistem Manajemen Mutu (SMM). Penerapan SMM tidak terbatas pada industri tertentu dan dapat disesuaikan dengan sifat, jenis dan ukuran organisasi. Tujuannya adalah untuk mengendalikan rangkaian proses penyediaan produk, jasa, maupun layanan secara terencana dan sistematis. Dengan adanya SMM, diharapkan produk dan jasa atau pelayanan yang diberikan dapat terjaga kualitas mutunya. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mempunyai tugas utama yang salah satunya adalah untuk memberikan pelayanan informasi dibidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Penelitian ini merupakan sebuah kajian akademis dari implementasi ISO 9001:2015 terhadap pelayanan yang diberikan oleh situs web www.bmkg.go.id. Khususnya dalam upaya mendukung diseminasi informasi gempabumi. Variabel penelitian ini adalah persepsi kepuasan pengguna dengan menggunakan data survei yang dilakukan oleh Pusjarkom BMKG tentang persepsi kepuasan pengguna. Survei dilakukan oleh Pusjarkom BMKG pada tanggal 15 Maret 2022 bertujuan untuk mengukur efektivitas produksi dan penyediaan yang selama ini telah dilakukan dan continual improvement yang telah dilakukan.
Survei dilakukan melalui kuesioner. Terdiri dari empat pertanyaan atau instrumen penelitian. Jawaban untuk setiap pertanyaan adalah dalam bentuk narasi persepsi yang kemudian dilakukan pemberian nilai atau bobot berdasarkan Skala Likert. Pusjarkom BMKG menggunakan teknik modifikasi Skala Likert dengan menghilangkan alternatif netral, agar jawaban responden jelas. Dengan jumlah responden sebanyak 753 orang, berhasil didapat untuk nilai kepuasan layanan sebesar 94,5%, nilai kesesuaian layanan sebesar 98,4%, nilai kecepatan layanan sebesar 95,4%, dan nilai kepercayaan layanan sebesar 77,2%. Hasil dari kuesioner ini, diuji validitas dan reliabilitas-nya secara statistik dengan bantuan perangkat lunak python. Hasil validitas untuk setiap instrumen tersebut adalah sah, dan hasil reliabilitas untuk variabel penelitian dinyatakan handal berdasarkan nilai Cronbach’s Alpha 0,652.
Kata kunci : ISO 9001:2015, BMKG, Skala Likert, Validitas, Reliabilitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan STT-NF
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:08
Last Modified: 15 Jun 2023 04:08
URI: https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item
View Item