Pemodelan UIUX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Furnicraft

Nadifa, Ajeng Syechan (2023) Pemodelan UIUX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Furnicraft. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi membuat pembeli dapat berbelanja dengan online tanpa harus datang ke toko fisik. Aplikasi-aplikasi marketplace sebagai wadah jual beli masyarakat juga ikut bersaing untuk memberikan pelayanan terbaik bagi kedua belah pihak. Beberapa isu pada berbagai aplikasi yang menjadi persoalan adalah dari sisi user interface dan user experience. Peran UI dan UX sangat penting dalam pembuatan aplikasi untuk mencapai kenyamanan pengguna. Marketplace memiliki peran sekaligus peluang besar dalam berbisnis di masa kini. Namun, belum banyak aplikasi yang dikhususkan untuk menjual salah satu kategori tertentu contohnya mebel. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pertumbuhan industri mebel tahun 2021 memiliki kenaikan sebesar 8,16% dibandingkan tahun 2020. Hal ini berarti pertumbuhan industri mebel memiliki potensi dan peningkatan yang cukup baik di Indonesia. Aplikasi Furnicraft merupakan pemodelan UIUX berupa marketplace yang khusus menjual produk mebel bagi UMKM. Pemodelan aplikasi ini menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari 5 tahap (empathize, define, ideate, prototype, test) agar lebih fokus kepada kebutuhan pengguna. Prototipe yang telah dibangun, diuji kepada 5 responden dengan teknik Usability Testing. Hasil pengujian mendapatkan skor 75 dari sisi penjual dan 76 dari sisi pembeli. Meskipun hasilnya cukup baik, masih terdapat beberapa masukan dari responden terhadap alur dan fitur aplikasi Furnicraft.
Kata Kunci: Aplikasi, UMKM, UI/UX, E-Commerce, Design Thinking

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan STT-NF
Date Deposited: 24 May 2023 06:25
Last Modified: 24 May 2023 06:25
URI: https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item
View Item